Cara Membuat Iklan Carousel untuk Mengangkat Penjualan Bisnis Anda

Sebuah catatan dari kang Didi Supriyadi,
untuk anda yang suka dunia advertising dan digital kreatif silahkan kunjungi web beliau di didisupriyadi.com. Artikel ini dicopas ulang 100 persen atas seijin kang didi untuk sharing karya iklan courusel beliau. Semoga bermanfaat
—————————————————————————–
Sebagai seorang Desainer Grafis yang sudah Saya tekuni sejak 2005 sampai sekarang, saya sangat senang bahwa setiap hari saya melihat iklan yang muncul di News Feed Facebook yang semakin hari semakin kreatif. Fitur-fitur di dashboard ads manager Facebook juga sangat mengerti kebutuhan para advertisernya. Saya sangat senang Facebook bisa membantu banyak pebisnis menemukan cara-cara berpromosi yang kreatif untuk menjual produk-produk mereka.
Belakangan ini Saya sangat tertarik dan banyak berbincang dengan sahabat-sahabat pebisnis lainnya mengenai tipe iklan dalam bentuk format CAROUSEL, yang memungkinkan para pengiklan untuk menampilkan gambar atau video hingga 5 desain gambar lebih dalam 1 iklan yang dapat di klik ke tautan website dalam sebuah iklan di News Feed Facebook kita. Format iklan Carousel ini dapat digunakan untuk menautkan iklan produk kita atau iklan untuk aplikasi mobile yang tujuannya untuk mendorong target audience ke website maupun instal aplikasi.
Oh, ya, saat saya berbincang mengenai iklan dalam bentuk format Carousel, banyak diantara mereka yang bertanya, “Kang, yang dimaksud dengan Carousel itu apa?”
Begini ceritanya…
Carousel adalah sebuah format display iklan yang hampir semua ada di setiap objective type iklan di Facebook yang memiliki fasilitas sangat memanjakan kreativitas pengiklannya untuk meningkatkan interaksi klik iklannya dengan format yang sangat powerfull. Bayangkan Kita bisa memaksimalkan kreativitas kita untuk menambahkan variasi gambar iklan sampai 10 photo atau video dengan 10 variasi Headline yang berbeda-beda dalam satu iklan. Data menarik dari Don Mathis (CEO Kinetic Social) mengatakan 1% pengguna Facebook yang kita target dengan iklan format Carousel tersebut mendorong orang untuk mengklik iklan type Carousel ini dan jika dibandingkan dengan iklan yang tidak menggunakan format Carousel hanya dengan single-image-ads yang hanya mendapatkan 0.1% klik. Ini, artinya, iklan dengan type Carousel 10x lebih baik dibandingkan type iklan biasa. Menurut laporan data dari Nanigans advertising selain memberikan pengiklan keleluasaan dalam menampilkan banyak Desain Promosi Visual dalam 1 iklan , iklan type Carousel sangat proven dalam mendrive konversi. Menurut Facebook sendiri dalam sebuah artikelnya menyebutkan, iklan link Carousel 30-50% lebih rendah biaya per konversinya (cost-per-conversiton) dan 20-30% lebih rendah biaya per kliknya (cost-per-click) daripada type iklan dengan single-image link ads.
Tapi, kemudian saya berbincang dengan sahabat-sahabat entreprenuer online lainnya, kira-kira type-type bisnis seperti apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk beriklan dengan format Carousel?
Akhirnya. . saya mendarat di postingan Gina Lauber seorang Account Manager di Facebook, beliau menuliskan artikel 7 Cara Menggunakan iklan format Carousel untuk Bisnis kita.
Inilah 7 Tips Jitu Cara Gunakan Iklan Carousel untuk Dongkrak Penjualan Bisnis kita. Simak beberapa contoh bisnis yang menggunakan iklan dalam format carousel untuk mendorong interaksi hubungan dengan para pelanggan baru.

1. Membuat Highlights sebuah produk

Saya pernah mendengar klien berkata bahwa karena mereka hanya menjual satu produk saja, format carousel tidak sesuai bagi mereka, tetapi lihatlah iklan Tieks oleh Gavrieli dibawah ini. Tieks menggunakan layout beberapa gambar untuk secara menonjol menyoroti produk mereka satu-satunya — sepatu flat wanita. Setiap gambar iklan menunjukkan dan mendeskripsikan fitur sepatu flatnya yang berbeda-beda, coba lihat secara spesifik di iklannya bagaimana mereka secara kreatif menunjukkan sebuah experience pengguna handphone yang biasa menarik untuk memperbesar sebuah bagian pada sepatunya.

Ini membuat saya ingin menggunakan jari saya untuk mengklik gambar selanjutnya. Sangat cerdas.

2. Membuat rangkaian gambar sebagai informasi bagaimana cara menggunakan produk yang kita tawarkan

Beberapa produk ada yang sangat cocok jika iklannya memperlihaktkan sebuah langkah langkah penggunaan produknya. Tyme Hair menciptakan alat pengeriting rambut dan pelurus rambut two-in-one, dan mereka ingin menunjukkan bagaimana produk mereka bekerja, jadi mereka menggunakan iklan tautan format carousel untuk menunjukkan bagaimana mereka membuat keriting yang sempurna dengan alat mereka dalam tiga langkah, membagikan setiap langkahnya dengan gambar yang berkaitan. Sangat membantu para target audiencenya memahami produknya.
Mataharimall juga sangat jeli memanfaatkan iklan format carousel ini

3. Memberikan experience tentang aplikasi mobile yang kita iklankan

Aplikasi streaming musik, Deezer bekerja sama dengan Marin Software telah membuat iklan aplikasi mobile dengan format carousel yang menyorot fitur-fitur aplikasi mereka untuk mendorong orang-orang mengunduh aplikasinya. Setiap desain gambar iklan merangkum sebuah fitur aplikasi, menawarkan orang-orang untuk mencoba pengalaman dalam aplikasinya bahkan sebelum mereka mengunduhnya. Iklan mereka ini menghasilkan 50% penurunan dalam biaya per klik dan 60% pengurangan dalam biaya per instalasi dibandingkan dengan saluran lainnya. Sangat menarik.

4. Men-share banyak artikel dari website kita

Bagaimana jika ternyata kita tidak menjual produk, tapi menjual jasa? Beberapa bisnis jasa profesional menggunakan iklan format carousel untuk menjelaskan bagaimana jasa atau layanan mereka bisa membantu orang-orang. Precision Nutrition membuat sebuah iklan tautan carousel untuk membagikan tiga artikel dari situs web mereka mengenai makan sehat untuk para atlet. Iklan tersebut menghasilkan 6,000 pendaftar subscriber baru, dan bila dibandingkan dengan iklan tautan satu gambar, format carousel ini memberikan 50% penurunan dalam biaya dan 50% peningkatan dalam biaya perkliknya.

5. Membuat Storytelling atau cerita untuk produk kita

Format carousel juga dapat membantu kita sebagai pengiklan bisa menceritakan cerita dalam cara yang indah dan menarik. Pura Vida Bracelets menawarkan gelang pesanan buatan tangan dari Costa Rica. Untuk mendorong penjualan langsung di situs webnya, Pura Vida bekerja sama dengan Sum Digital dalam membuat iklan tautan dengan format carousel yang menampilkan foto-foto gaya hidup dan kehidupan di pantai untuk menunjukkan gelang warna-warna yang mereka miliki.

Hanya dalam dua bulan menjalankan iklan, pesanan meningkat sebanyak 4X lipat.

OBH Combi melakukan hal sama dengan membuat cerita di iklannya menggunakan format Carousel, hasilnya, bisa dilihat sendiri, lebih menarik, ya. 4 Headline sekaligus yang sangat menjual.

6. Membuat iklan yang menarik dari kisah cerita para pelanggan kita

Kita harusnya sudah sadar bahwa tidak ada yang lebih unik dan menarik pada sebuah bisnis daripada para pelanggan kita selama ini, betul? Project Repat, sebuah perusahaan yang mengubah baju kaos lama menjadi selimut, sangat mengerti akan menghargai pelangganny, kemudian membuat sebuah iklan tautan format carousel yang membagikan foto-foto para pelanggan yang menerima dan menggunakan selimut mereka. Iklan tersebut tidak hanya mendorong hasil yang bagus untuk Project Repat, tetapi juga inilah yang sangat menarik berikutnya, ternyata saat pelanggan mulai melihat bahwa mereka bisa ditampilkan dalam iklannya Project Repat di Facebook, perusahaan menerima ratusan lebih foto dari para pelanggannya. Woow sangat unik, ya.
Iklan dari Combiphar juga menggunakan format Carousel ini untuk bercerita ke pelanggannya.

7. Menampilkan katalog produk jualan kita

Apakah kita mengetahui tujuan pertama iklan format Carousel ini diciptakan oleh Facebook? Yup, Anda benar, iklan format Carousel diciptakan untuk memaksimalkan para pengiklan dalam menampilkan beberapa produk dalam sebuah iklan. BAI*白媽媽 adalah sebuah situs web fashion wanita di Taiwan yang ingin meningkatkan traffic websitenya. Kemudian, Mereka menggunakan format carousel ini untuk menampilkan katalog pakaian yang ditujukan khusus untuk para wanita muda di Facebook. Iklan tersebut meningkatkan traffic websitenya dan tentunya penjualanya pun meningkat secara dramatis, menghasilkan kembali 2.5X lipat pada pembelanjaan iklannya. Dan, dibandingkan dengan iklan tautan yang hanya bergambar satu saja yang mereka miliki, iklan tautan carouselnya menerima sebanyak tiga kali lipat klik, dan meraih 30% penurunan dalam biaya per klik dan 10% penurunan dalam biaya per akuisisi.
Neiman Marcus menggunakan format carousel untuk membawa katalognya ke Facebook, menampilkan gambar-gambar indah dari Koleksi Sepatu & Tas Tangan Musim Semi mereka. Dibandingkan dengan usaha iklan lainnya,

format carousel mendorong 3X konversi lebih dan 85% tingkat pengeklikan yang lebih baik.

Inilah Katalog produk MatahariMall dalam iklan format carouselnya, di Desain sangat baik display iklannya benar-benar menarik.
Jika selama ini Anda sangat tertarik untuk bisa menampilkan beberapa produk yang Anda jual dalam 1 iklan, maka Anda mungkin juga bisa memanfaatkan format carousel ini untuk produk yang Anda jual. Penggabungan ini membantu para pebisnis mengintegrasikan situs web online shopnya atau pengunjung aplikasi mobile mereka dengan menunjukkan produk-produk di iklan format carousel dengan produk-produk yang mereka tampilkan di situs web online shopnya.

Format Carousel ini memungkinkan para pengiklan baik di Facebook dan Instagram untuk menceritakan cerita, membagikan detil dan menampilkan multiple produk.

Hampir seluruh Obyektif Iklan di Facebook memiliki fasilitas dengan format Carousel. Mulailah membuat iklan yang dapat digeser-geser dan menarik dalam format carousel sekarang. Menarik, bukan?
Penyajian Desain Komunikasi Visual dari sebuah bisnis memegang peranan yang penting dalam pembentukan identitas brand. Karena kemampuannya dalam menaruh kepribadian brand dan sejumlah pesan hanya ke dalam sebuah ruang yang terbatas ini. Salah satunya, komunikasi visual melalui Desain Promosi Carousel. Dengan menyajikan desain promosi Carousel yang kreatif akan menjadi bahasa yang paling mendunia yang dengan mudah melewati perbatasan wilayah geografis, bahasa, dan budaya. Melalui komunikasi yang intensif, memberikan informasi yang diinginkan selengkap mungkin secara menarik dan menyenangkan dapat menarik perhatian dan mudah dikenali oleh calon pelanggan kita. Artinya, semakin bagus Desain Komunikasi Visual yang Anda miliki, semakin mudah Anda dikenali oleh banyak orang.
Karenanya, sebelum miliki sendiri desain visual Carousel yang professional ini, Anda mungkin belum terbayang berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk membuat desain promosi yang mendukung format Carousel ini seperti iklan-iklan diatas, jika menyewa jasa freelance desainer grafis, ini tentu akan menguras dompet Anda.
Sebelum Anda tahu cara membuat Desain Promosi Carousel yang kreatif dan menjual ini dengan mudah, apakah Anda merasakan hal yang sama seperti ini, coba Anda kembali ingat:
  • Apakah selama ini Anda bingung tidak tahu Bagaimana Cara Membuat Desain Promosi Produk yang Menjual?
  • Apakah selama ini Anda Ingin Mendapatkan % Closing yang tinggi di setiap promosi iklan Anda di Facebook?
  • Apakah selama ini Anda bisa mengoperasikan tools desain tapi hasilnya biasa-biasa saja?
  • Apakah selama ini Anda bisa mendesain tapi hasilnya tidak memuaskan?
  • Apakah selama ini Anda bingung tidak mampu membayar jasa Desainer Grafis Professional yang menguras dompet Anda?
Kalau jawaban Anda adalah “YA”, Saya akan mencoba mencari solusi atas permasalahan tersebut. Beri Saya waktu 1 menit lagi untuk memberikan solusi terbaik atas permasalahan yang sedang Anda alami saat ini. Okey?
Silakan lanjutkan membaca…
Kabar terbaiknya…
Mungkin inilah jawaban dari Do’a Anda selama ini. Kini, Anda tidak perlu merasa khawatir dengan kondisi tersebut, karena mulai sekarang, Anda tidak perlu kesulitan lagi untuk bisa membuat Desain promosi yang mendukung format Carousel di Facebook yang Lebih Menjual dengan solusi terbaru yang saya hadirkan
berikut ini…
Akhirnya! Telah hadir sebuah terobosan yang akan sangat membantu Anda dalam Meningkatkan Konversi & Omset Penjualan Anda melalui Desain Promosi iklan format Carousel yang Anda inginkan selama ini. Saya akan bagikan GRATIS spesial untuk 5 orang sahabat saya yang beruntung untuk membawa pulang produk terbaru dari seri Mesin Kreativitas yaitu “1001 Carousel Kit”.
Ketika miliki “1001 Carousel Kit” Anda tidak perlu lagi membayar Jasa Desainer Grafis profesional yang mahal, karena bayangkan bahwa sebenarnya Anda bisa membuatnya dengan sentuhan sendiri yang begitu mudah.

KENAPA SESEORANG HARUS CAPEK-CAPEK DAN BAYAR JASA DESAIN YANG MAHAL JIKA DIA MENYADARI BAHWA DIA MAMPU MEMBUATNYA SENDIRI?

Sementara Anda membaca bagian ini, sadarkah Anda, bahwa semakin kreatif Desain Promosi Visual Anda, akan menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda.
Dan semakin pelanggan Anda percaya kepada Anda, semakin besar omzet penjualan Anda…

PERKENALKAN: 1001 CAROUSEL KIT

Saatnya Anda mampu membuat DESAIN PROMOSI VISUAL yang menjual, keren, dan terbukti menghasilkan, bahkan TANPA harus Jago desain sekalipun!

Saya pastikan Anda pun bisa memiliki tampilan desain promosi iklan format carousel untuk bisnis Anda seperti iklan-iklan diatas secara mudah. Tujuan dibuat 1001 Carousel Kit ini agar bisa membantu aktivitas promosi jualan Anda dengan media yang powerfull tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk membayar jasa desainer grafis yang bisa mencapai jutaan rupiah.
Karena dengan memiliki 1000 lebih Template lengkap, yang cantik, eye catching, kreatif dan informatif, Anda dapat menyesuaikan tema promosi iklan dan menambahkan foto produk, ad copy dan logo bisnis Anda untuk meningkatkan interaksi dengan target market Anda.
Selain itu, tujuan saya membuat banyak variasi desain sampai 1000 lebih agar Anda bisa memilih dan mampu merangsang ide dan memiliki banyak pilihan tentang desain promosi untuk bisnis Anda menggunakan media 1001 Carousel Kit sehingga Anda bisa memaksimalkan kegiatan promosi bisnis Anda.
Ketika Anda sudah memiliki banyak desain dan ide maka aktivitas promosi Anda tidak lagi memiliki keterbatasan dan lebih terkonsep sehingga benar‐benar layaknya perusahaan besar, nah langkah selanjutnya akan lebih mudah karena Anda sekarang sudah bisa membuat konsep Desain Promosi iklan Carousel untuk perusahaan Anda dengan ide sendiri.

Inilah cara mendaptkan “1001 Carousel Kit” secara GRATIS.

Yuk biasakan saling sharing, supaya ilmunya bermanfaat dan berkah. Terus SHARE, InsyaAllah makin Bermanfaat…Aamiin
Tombol “share” adalah penyemangat saya untuk membuat konten yang lebih baik.
Jabat erat, sahabatmu….Didi Supriyadi

Leave a Comment