Jenis-Jenis Hipnotis

 

Hipnosis ternyata tidak hanya berhubungan dengan seseorang dibuat tidur  dan dibuat bahan bercandaan ketika proses hipnosis. Mungkin pada televisi hal tersebut lumrah kita lihat. Tapi ternyata itu hanya sedikit dari sekian banyak manfaat dari hipnosis. Mau tau apa saja? berikut adalah penjabaran jenis-jenis hipnosis :

1.Stage Hypnosis

Stage Hypnosis adalah hipnosis yang digunakan untuk pertunjukan  hiburan dalam Stage Hypnosis, hipnotis memilih subjek dari antara penonton, yang setelah melalui melewati uji bahwa dia mudah untuk di hipnosis, lalu membuat subjek melewati kondisi tidur. Lumrah kita lihat di televisi kemudian hipnosis memberikan program yang akan dijalankan setelah subjek bangun atau  sadar dari kondisi trance. Program yang dijalankan biasanya aneh – aneh dan tidak masuk akal, misalnya pria yang mengaku hamil, sepatu jadi hp, menjadi penyanyi terkenal, menjadi mabuk laut dan lain sebagainya, tergantung dari sugesti yang dimasukan. Karena fungsinya untuk hiburan, sugesti yang aneh-aneh tersebut biasanya digunakan untuk meraih gelak tawa penonton yang hadir. Tokoh yang sering kita lihat di televisi mempraktikkan stage hypnosis ini adalah seperti Romy Rafael

2.Clinical hypnosis ( Hypnoterapy )

Clinical hypnosis ( Hypnoterapy ) adalah aplikasi hypnosis dalam menyembuhkan masalah mental dan fisik (psikomatis). Aplikasi dalam pengobatan penyakit, antara lain despresi,kecemasan,fobia stres,penyimpangan perilaku,mual dan muntah,melahirkan,penyakit kulit dan masih banyak lagi.

Satu hal yang perlu dicermati,walaupun dapat digunakan untuk mengobati banyak penyakit, hypnotherapy tidak dapat menyembuhkan semua masalah yang berhubungan dengan psikologis dan medis. Orang yang sakit batu ginjal tetap harus menjalani operasi. Dia tidak mungkin bisa sembuh hanya dengan menggunakan hypnosis. Dalam kasus batu ginjal hipnosis  hanya digunakan untuk membuat pasien rilex dan percaya diri untuk menjalani operasi dan  pemulihan pasca operasi.

3.Anodyne Awareness

Anodyne Awareness adanlah aplikasi hipnosis utuk mengurangi rasa sakit fisik dan kecemasan. Banyak tenaga dokter, tenaga medis, bidan, maupun perawat mengunakan teknik anodyne untuk membantu pasien menjadi rileks dengan sangat cepat dan rasa sakit dengan dengan mental anastesi dan pengalihan pikiran.

 4.Forensik Hypnosis

Forensik Hypnosis adalah penggunaan hipnosis sebagai alat bantu dalam melakukan investigasi atau pengalian informasi dari memori. Seringkali dalam kejadian yang mempunyai emosi negatif tinggi, misal dalam kasus kejahatan, orang yang mengalami trauma sehingga tidak bisa diakses oleh pikiran sadar sehingga harus diakses oleh pikiran bawah sadar dengan media hypnosis.

Dengan mengunakan hypnosis maka kita akan masuk ke kondisi trance yang berakibat pada kemampuan mengingat yang luar biasa tinggi yang disebut hypermnesia

5. Self Hypnosis

Self Hypnosis adalah aplikasi hypnosis untuk diri sendiri. Kita sangat dapat dan sering sekali melakukan hipnotis diri sendiri. Inti dari proses self hypnosis adalah kita memberikan sugesti kepada diri kita sendiri akan keinginan yang ingin kita raih. Misalnya kita tidak percaya diri maka kita mensugestikan diri untuk lebih percaya diri. Kita sangat sering melakukannya tanpa kita sadari, tidak jarang mugkin kita mengulang hal-hal yang negatif.

Pasti pernah kan? Itu salah satu contoh hipnosis,

Meskipun hasilnya kadang lebih banyak membuat kita tidak berdaya karena sugesti yang masuk bukan justru meguatkan pikiran kita yang negatif hehehe (nb ; saya sering banget)

To Be Continue

Sumber : Modul Hypnosis Primazone

Leave a Comment

Your email address will not be published.