Manfaat Meditasi untuk Kesehatan

Banyak diantara kita yang telah mendengar mengenai meditasi, ada yang telah memahami dan melatihnya dengan tekun, ada yang baru mencoba untuk berlatih dan ada pula yang baru sekedar mendengar dan mulai tertarik untuk mengetahui lebih lanjut. Isi artikel yang sederhana ini akan menjelaskan manfaat meditasi terhadap kesehatan bagi mereka yang ingin berlatih meditasi dengan sungguh-sungguh.

Dalam jaman modern yang diwarnai dengan tingkat aktivitas yang tinggi, selalu serba cepat, serba banyak, serba lebih dari yang lain ternyata mempunyai dampak yang kurang baik bagi keadaan batin dan ketenangan hidup kita. Sehingga banyak diantara kita yang hidup dalam keadaan tegang, stres, penuh khawatir, tidak bisa tidur dan mengakibatkan berbagai penyakit seperti sakit lambung, tekanan darah tinggi, sakit jantung, dan lainnya.

Meditasi, sebagai suatu seni untuk menentramkan batin merupakan suatu ilmu yag sudah kuno, yang berakar lebih dari 3000 tahun  silam pada peradaban awal di lembah sungai Indus, yang sekarang dikenal sebagai India. Walaupun kuno, ternyata meditasi merupakan suatu alternatif yang jauh lebih baik bila untuk mengatasi stres dan tekanan batin. Hal ini disebabkan meditasi tidak menimbulkan efek samping zat kimia dalam metabolisme tubuh untuk mengatasi kecemasan dan tekanan yang dirasakan

Praktisi meditasi dari The Golden Space Indonesia Amrit Gurbani menjelaskan, manusia memiliki tubuh, pikiran, dan jiwa atau emosi yang saling berhubungan. Ketika pikiran stres, emosi marah, tubuh mengeluarkan hormon stres yang disebut kortisol. Sedangkan, ketika seseorang bahagia, tubuh mengeluarkan hormon endorfin. Amrit mengungkapkan bahwa penyakit bisa terjadi tatkala kita sedang mengalami stres.

Pikiran yang stres bisa menurunkan daya tahan tubuh manusia sehingga lebih mudah sakit atau memperparah penyakit. Untuk itu, tubuh, pikiran, dan jiwa seseorang harus seimbang.

Amrit mengatakan, komunikasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa manusia pun diatur oleh sistem di tubuh, yaitu napas. Misalnya, saat panik atau marah, napas akan lebih cepat.

Nah, meditasi, yang meliputi latihan bernapas bisa membuat seseorang lebih tenang, lebih menggunakan hati dalam menjalani hidup, membangun empati hingga intuisi. Dengan meditasi, seseorang pun bisa melupakan rasa sakitnya.

Selain itu, lanjut Amrit, meditasi juga bisa membantu seseorang menghilangkan fobia.  Fobia menurut beliau adalah reaksi dari bawah sadar manusia yang hadir karena kita belum bisa menyadari penyebab rasa takut itu muncul. Ketika seseorang bisa menyadari peristiwa takut maka rasa takut perlahan-lahan akan hilang menjadi tidak takut lagi.

Sumber :

http://artikelbuddhis.blogspot.co.id/2016/08/meditasi-pernapasan.html

http://health.kompas.com/read/2016/08/05/203500323/Manfaat.Meditasi.untuk.Kesehatan

Leave a Comment