Pelajaran psikologi , Macam-macam Keilmuan Psikologi

Pelajaran psikologi , Macam-macam Keilmuan Psikologi- Pagi teman-teman,

Kali ini kita akan membahas tentang macam-macam keilmuan psikologi. Banyak orang yang salah kaprah mengenai keilmuan psikologi. Psikologi kerap kali hanya dianggap sebagai ilmu yang mempelajari mengenai kesehatan mental manusia. Tapi taukah teman-teman ternyata keilmuan psikologi ternyata memiliki beberapa macam-macam cabang cabang dan bidangnya. Berikut ini akan kami jabarkan mengenai cabang-cabang ilmu lain yang ada di keilmuan psikologi yang kami himpun dari berbagai sumber

Psikologi

1.Psikologi Umum

Psikologi umum adalah ilmu tentang tingkah laku manusia pada umumnya. keadaan emosi, intelegensi, memori, pembentukan karakter, kepribadian,dll. Psikologi umum ini mencakup hampir seluruh macam-macam psikologi, tapi hanya penjelasan umumnya saja. Misalnya teman-teman berkuliah dalam studi psikologi materi mengenai psikologi umum adalah materi dasar paling pertama akan kita jumpai dalam perkuliahan.

2.Psikologi Faal/ Biopsikologi

Psikologi faal adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam kaitannya dengan fungsi dan kerja alat-alat dalam tubuh. Contohnya bagaimana otot dan hormon dalam tubuh seseorang ketika dia sedang jatuh cinta, ketika sedang marah ataupun ketika seseorang sedang sedih .Biopsikologi mempelajari sejauh mana kondisi biologis atau faali seseorang terhadap perilaku atau tindakan orang tersebut. Jadi Seandainya seseorang tersebut sering marah, apa yang akan terjadi pada kondisi psikisnya. Begitu juga ketika senang, sedih, dll.

3.Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan mempelajari faktor-faktor perkembangan manusia sejak lahir hingga pada lanjut usia. Misalnya pembentukan karakter. Seperti yang kita tahu karakter seseorang sangat berbeda-beda. Ada yang keras kepala, pemalu, pemberani, dll. Psikologi perkembangan menjelaskan mengenai pembentukan tumbuh kembang seseorang dari lahir hingga dewasa dengan kewajiban tugas-tugas prilakunya. Teori yang terkenal dalam pendekatan psikologi perkembagan salah contohnya ialah mengenai pola asuh orangtua. Ingin tau pola asuh apa yang baik untuk membentuk kepribadian anak? Klik disini

4.Psikologi Kepribadian

Psikologi kepribadian mempelajari tingkah laku manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kepribadian adalah cara individu untuk  bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. psikologi kepribadian berkaitan erat dengan psikologi perkembangan dan psikologi sosial, karena kepribadian adalah hasil dari perkembangan individu sejak masih kecil dan bagaimana cara individu itu sendiri dalam berinteraksi sosial dengan lingkungannya.

5.Psikologi Klinis

Psikologi klinis mempelejari tentang bagaimana cara memahami, mencegah, dan memulihkan keadaan psikologis seseorang ke arah normal. Psikologi Klinis menekankan pada intervensi klinis yang harus dilakukan untuk mempengaruhi prilaku.  Psikolog itulah panggilan akrab orang-orang yang menjalani pendidikan profesi sebagai ahli psikologi klinis ini. Apabila nda ingin menjadi seorang psikolog, anda harus kuliah terlebih dahulu dalam S1 psikologi dan S2 Psikologi Klinis

6.Psikologi Konseling

Dalam buku Psikologi Konseling oleh Latipun pada tahun 2006, kata konseling (counseling) berasal dari kata counsel yang diambil dari bahasa latin yaitu counselium, artinya ”bersama” atau ”bicara bersama”Psikologi Mudahnya seperti konsultasi, bagaimana kita menghadapi karakter-karakter klien yang berbeda-beda dan bagaimana cara kita menyampai informasi yang baik terhadap klien kita.

7.Psikologi Abnormal

Psikologi abnormal mempelajari tentang kebiasan-kebiasaan individu yang menyimpang dari keadaan normal. seperti homoseksual,lesbi,clepto,psikopat, dll. Ada sebuah buku panduan psikologi yang bernama DSM IV, apabila teman-teman ingin mengetahui psikologi abnormal dan apa saja prilaku yang masuk dalam psikologi abnormal silahkan di cek di google mengenai DSM tersebut.

8.Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan adalah ilmu tentang masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan. Psikologi ini berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang. Seperti pendidikan yang diberikan guru, masyrakat, dan juga orang tua. Semua itu akan saling berinteraksi. contohnya mengenai  mengapa ada anak yang rajin dan malas. Faktor-faktor apa yang menyebabkan hal tersebut.

9.Psikologi Diagnostik

Psikodiagnostik adalah studi ilmiah tentang berbagai metode untuk membuat diagnosis psikologis, dalam tujuan supaya dapat memperlakukan manusia dengan lebih tepat. Psikodiagnostik adalah metode yang digunakan untuk menetapkan kelainan-kelainan psikis, dengan tujuan untuk dapat memberikan pertolongan secara tepat dan akurat. Jadi ibaratnya seperti memberikan label antara seseorang yang psikologisnya normal dengan psikologisnya yang telah terganggu.

10.Psikologi Industri

Psikologi industri adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia di tempat kerja. Ilmu ini berfokus pada pengambilan keputusan kelompok, semangat kerja karyawan, motivasi kerja, produktivitas stres kerja, seleksi pegawai, strategi pemasaran, rancangan alat kerja, dan berbagai masalah lainnya.

 

Dan masih banyak lagi lainnya, contohnya ada psikologi forensik, psikologi sosial, psikologi olahraga dan psikologi-psikologi lainnya

Intinya keilmuan psikologi akan selalu ada dimana saja selama masih ada manusia sebagai objek kajiannya. Jadi sudah hal yang tepat meskipun anda saat ini bukanlah orang yang berkuliah dalam bidang psikologi untuk belajar juga mengenai keilmuan psikologi ini

Kira-kira sahabat ingin mempelajari Psikologi yang mana?

Leave a Comment

Your email address will not be published.